Pages

Tuesday, May 14, 2013

Fokus Yuk Murojaah

0

2 pekan lagi sy mo sertifikasi juz 30 nih. klo ga lulus malu maluin banget yak hahaha walopun selalu ada pengulangan di tiap periode. but man jadda wa jada kan ya... so kynya kudu fokus nih ngapalin lg. buat perbaikan diri juga koq. cuma memang ini menantang sekali bo

smangaaattt...!!!

Baca selengkapnya d!4ry MR 94uL

Wednesday, March 20, 2013

MT: Muraqabah dan Muhasabah

0

Halaqah AnNisaa 16 Maret 2013

Ringkasan materi oleh Indah

Tahapan2 menuju muroqobah dan muhasabah:
Tahap membangun sistem pengawasan
1.Mu'ahadah:
Mengingat dan mengokohkan kembali perjanjian kt dgn Allah di dalam alam ruh,ktika masih janin (7:172)
Semua janin sbenarnya sudah Islam.
2.Muroqobah:
Merasa ada yg mengawasi kita. Apakah kita melanggar perjanjian.
3.Muhasabah
Usaha menilai dan menghitung ibadah yg kt lakukan serta dosa yg kita lakukan.
4.Mu'aqobah (iqob):
Menjatuhkan sanksi untuk diri sendiri.
Cth: Umar mewaqafkan hartanya karena lupa rakaat salat
5.Muhajadah
Berupaya utk sll bersungguh2 mlaksanan ibadah kpd Allah,menjauhi sgala yg dilarang.
6.Mutaba'ah:
Mengontrol dan mengevaluasi.

Outputnya
1.Mengetahui aib,kekurangan,dan kelemahan diri sendiri. Untuk mendorong kita agar meminimalisasi,bahkan menghilangkan hal itu.
2.Istiqamah di atas syariah Allah
karena kita tahu ibadah kita akan dihitung dan ada konsekuensi dan pertanggungjawaban keimanan di akhirat kelak.
3.Insya Allah akan aman dari berat dan sulitnya hisab di hari Kiamat kelak.
(Al-Imran,3:30)

Baca selengkapnya d!4ry MR 94uL
 

The Most Reliable Hosting Service

Friends